iklan

loading...

Tuesday, December 25, 2012

TREMOR

Tremor atau dalam bahasa sehari-hari sering disebut GEMETARAN
DEFINISI
Tremor dapat didefinisikan sebagai gerakan bergetar involunter dan ritmis yang disebabkan oleh kontraksi otot berlawanan secara bergantian yang sinkron dan irregular. Kualitas ritmis tersebut membedakan tremor dari gerakan involunter lain. Keterlibatan otot agonis dan antagonis membedakan tremor dari klonus
Tremor adalah suatu gerakan gemetar yang berirama dan tidak terkendali, yang terjadi karena otot berkontraksi dan berelaksasi secara berulang-ulang.

PENYEBAB

Setiap orang mengalami tremor pada tingkatan tertentu, yang disebut tremor fisiologis, meskipun kadang sangat ringan sehingga tidak dihiraukan.
Tremor terjadi karena adanya gangguan pada persarafan yang menuju ke otot yang terkena.

Tremor dikelompokkan berdasarkan kecepatan dan irama gerakannya, dimana dan seberapa sering terjadi serta beratnya:

1. Tremor aksi, terjadi ketika otot dalam keadaan aktif.
2. Tremor istirahat, terjadi ketika otot sedang beristirahat.
Meskipun penderita sedang beristirahat total, lengan atau tungkainya bisa terus gemetaran. Tremor ini bisa merupakan pertanda dari penyakit Parkinson.
3. Tremor yang disengaja, terjadi jika seseorang membuat gerakan yang disengaja.
Tremor ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan pada serebelum (otak kecil) atau penghubungnya.
Yang sering menyebabkan terjadinya tremor ini adalah sklerosis multipel. Tremor yang disengaja juga bisa terjadi pada penyakit neurologis lainnya, stroke atau alkoholik menahun.
Tremor yang disengaja lebih lambat daripada tremor esensial serta menyebabkan gerakan yang lebih luas dan serabutan.
4. Tremor esensial merupakan tremor yang biasanya mulai timbul pada masa dewasa, yang secara perlahan menjadi semakin nyata dan tidak memiliki penyebab yang pasti.
Tremor esensial biasanya bersifat ringan dan tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius, tetapi bisa mengganggu, yaitu mempengaruhi tulisan tangan, menyebabkan kesulitan dalam menggunakan perkakas dan mempermalukan penderitanya.
Keadaan ini bisa diperberat oleh stres emosional, kecemasan, kelelahan, kafein atau obat perangsang yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan (terutama untuk asma dan emfisema) juga bisa memperburuk tremor esensial.
5. Tremor senilis adalah tremor esensial yang timbul pada usia lanjut.
6. Tremor familial merupakan tremor esensial yang terjadi di dalam satu keluarga.


GEJALA
Tremor bisa timbul sekali-sekali, untuk sementara waktu atau hilang timbul; dengan kecepatan sekitar 6-10 tremor/detik.
Tremor bisa terjadi pada otot kepala, tangan, lengan, kelopak mata dan otot lainnya; tetapi jarang mengenai bagian bawah tubuh.
Tremor bisa terjadi pada salah satu maupun kedua sisi tubuh.
Suara bisa terdengar bergetar; kepala mengangguk-angguk.
Tremor menghilang jika penderita tidur.
-->

PENGOBATAN
Jika sifatnya ringan dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, biasanya tidak diperlukan pengobatan.
Namun jika berat segera rubah pola hidup, Jika perubahan pola hidup tidak mengurangi gejala tremor, dapat dilakukan terapi medikamentosa( obat-obatan). Biasanya para terapis menyarankan penggunaan obat betablocker seperti propranolol.Yang harus diingat obat ini tidak cocok bagi manula dan pengidap asma, diabetes, serta pasien gangguan organ jantung. Jika betablocker tidak mempan, bisa digunakan obat yang mengandung primidone atau valium.Yang pasti penggunaan obat-obatan ini harus mendapat pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping berbeda pada tiap orang. Terutama jenis obat yang mengandung valium, yang dapat menyebabkan kecanduan.

Jalan terakhir yang dapat ditempuh adalah tindakan bedah yang dikenal dengan nama talamotomi dilakukan dengan memutuskan lingkaran saraf di otak. Efek samping talamotomi yang dapat terjadi adalah kesulitan bicara dan terganggunya keseimbangan. Namun, dengan semakin majunya teknologi kedokteran saat ini, efek samping itu sudah bisa diminimalkan, bahkan sudah bisa dibilang mencapai 0%



PERHATIAN
Kafein (di dalam kopi dan soda) dan perangsang lainnya harus dihindari, karena bisa memperburuk keadaan ini.

No comments:

Post a Comment

Mohon kritik dan saran dari para pembaca untuk kemajuan blog ini. TERIMAKASIH