iklan

loading...

Friday, November 16, 2012

SP HDR

A. PROSES KEPERAWATAN

1. Kondisi Klien : klien tampak sering melamun, tidak bersemangat, lebih suka menyendiri, tampak sedih, tidak menatap lawan bicara, bicara lambat, dan nada suara lemah

2. Diagnosa : harga diri rendah

3. Tujuan umum : mengatasi gangguan harga diri rendah klien.

4. Tujuan khusus:

- Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat.

- Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.

- Klien dapat menilai kemampuan yang dimiliki.

- Klien dapat menetapkan / merencanakan kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki.

- Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan.

- Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.

Pertemuan 1

Tuk 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya

Tindakan Keperawatan

a. Sapa klien dengan ramah, baik verbal maupun non verbal

b. Perkenalkan diri dengan sopan

c. Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai

d. Jelaskan tujuan pertemuan

e. Jujur dan menepati janji

f. Tunjukan sikap empati dan menerima klien apa adanya.

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi… Nama saya… biasa dipanggil…. Nama…..siapa ? Senang dipanggil apa ?

b. Validasi

Bagaimana persaaan…. hari ini ?Bagaimana tidurnya semalam ? Nyenyak ? Apakah…. masih ingat mengapa….. dibawa kesini ?

c. Kontrak

Baiklah kalau begitu, bagaimana kalau kita berbincang-bincang tentang hobi atau kegiatan yang….. sukai? Mau dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau di ruangan ini.

Mau berapa lama? Bagaimana kalau 10 menit.
FASE KERJA

Kalau boleh tahu, hobi … apa ? Kegiatan apa yang sering … lakukan dirumah? Bagus … kegiatan yang … bagus sekali. Apakah … sering melakukan kegiatan tersebut? Apa yang menarik dari kegiatan tersebut? Apa ada kegiatan lain yang biasa … lakukan ?
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif

Bagaimana perasaan ……….. setelah kita bercakap-cakap ?

b. Evaluasi Obyektif

- Klien mampu mengungkapkan atau mengulang kembali pembicaran

- Klien mampu mempertahankan kontrak

- Klien mau melakukan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

2. Rencana Tindak Lanjut.

Coba … ingat- ingat lagi kegiatan – kegiatan yang sudah pernah … lakukan selama ini.

3. Kontrak

Saya kira, sekian dulu perbincangan kita hari ini. Nanti kita lanjutkan dengan membahas tentang kemampuan yang … miliki baik itu dirumah, di sini ataupun ditempat lain. Menurut … kita berbincang-bincang jam berapa ? bagaimana kalau jam 10 nanti.

Dimana tempatnya ? Bagaimana kalau di kursi belakang.

Pertemuan 2

Tuk 2 : Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki

Tindakan Keperawatan

a. Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien

b. Setiap bertemu klien hindarkan memberi penilaian negatif.

c. Berikan pujian yang realistic

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi………

b. Validasi

Bagaimana persaan … hari ini ? Apa … masih ingat dengan saya dan topik yang akan kita bicarakan hari ini ?

d. Kontrak

Baiklah kalau begitu, bagaimana kalau kita berbincang-bincang tentang kemampuan dan aspek positif yang … miliki.Mau dimana kita berbincang-bincang ?Bagaimana kalau di … Mau berapa lama ? Bagaimana kalau … menit.
FASE KERJA

Apa yang biasa … lakukan atau kerjakan dirumah ? Sekarang kegiatan apa saja yang … lakukan disini ? Apa yang menarik dari kegiatan tersebut ? Apa ada kemampuan lain yang … miliki ?
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif

Bagaimana perasaan ……….. setelah kita bercakap-cakap ?

b. Evaluasi Obyektif

- Klien mampu mengungkapkan atau mengulang kembali pembicaran

- Klien mampu mempertahankan kontrak

- Klien mau melakukan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

- Klien mau menjalin kontak mata

2. Rencana Tindak Lanjut

Baiklah, sekarang coba……ingat – ingat lagi kemampuan lain yang …….miliki yang belum kita bicarakan?

3. Kontrak

Saya kira, sekian dulu perbincangan kita hari ini. Nanti kita akan membahas tentang kemampuan mana yang … miliki yang masih dapat dilakukan di RS dan kemampuan yang dapat dilakukan dirumah. Kapan kita bisa berbincang- bincang lagi ? Bagaimana kalau jam …? Kita mau berbincang- bincang dimana ? Bagaimana kalau di ruangan ini Mau berapa lama …? bagaimana kalau 15 menit.

Pertemuan 3

Tuk 3 : Klien dapat menilai kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.

Tindakan Keperawatan

a. Diskusikan dengan klien kemampuan yang dimiliki

b. Diskusikan dengan klien kemampuan yang digunakan selama sakit

c. Diskusikan dengan klien kemempuan yang masih belum disebutkan, tapi ada.

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi………

b. Validasi

Bagaimana perasaan … hari ini ? Apakah … sudah mulai bergaul dengan teman-teman dan berbincang- bincang dengan mereka ? Apakah masih ada sesuatu yang … miliki tapi belum diceritakan pada saya.

c. Kontrak

Masih ingatkah, apa yang telah kita bicarakan kemarin ? Betul, membicarakan tentang kemampuan … selama ini untuk menilai mana kegiatan yang dapat dikerjakan dirumah sakit dan mana kegiatan yang dapat dilakukan dirumah. Menurut … dimana kita mau berbincang-bincang ? Bagaimana kalau di ruangan ini? Mau berapa lama….? bagaimana kalau 10 menit.
FASE KERJA

Ini daftar kemampuan yang … miliki yang telah kita bicarakan. Baiklah apa menurut … masih ada yang belum ditulis ? Coba…sebutkan (beberapa ) kemampuan yang dapat dilakukan dirumah sakit ? Nah, sekarang coba …pilih mana yang bisa kita latih sekarang ? Mungkin kita bisa mencoba kemampuan…Bagaimana kalau ini…bagus sekali !
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif

Bagaimana perasaan …setelah kita bercakap-cakap? Sekarang…sudah tahu khan, kemampuan yang …miliki dan dapat dilakukan disini, coba…sebutkan kembali ? bagaimana perasaan…setelah melakukan kegiatan tersebut.

b. Evaluasi Obyektif

- Klien mau menjawab pertanyaan

- Klien mampu mengulang dan mampu berkomunikasi dengan lancar

- Klien mau menjalin kontak mata

2. Rencana Tindak Lanjut

Baiklah, bagaimana kalau kegiatan tadi dilakukan terus di RS, supaya lancar dan terbiasa. Nah, mau jam berapa melakukannya ? Bagaimana kalau kita buat jadwal, biar tidak lupa.

3. Kontrak

Saya kira, sekian dulu perbincangan kita hari ini. Nanti kita akan membahas tentang aktivitas yang dapat…lakukan setiap hari sesuai dengan kemampuan yang…miliki. Kita bincang-bincang jam berapa ? Mau dimana ? Bagaimana kalau di… ? Berapa lama ? Bagaimana kalau…menit ? Baiklah sampai nanti…

Petemuan 4

Tuk 4 : Klien dapat merencanakan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Tindakan Keperawatan.

a. Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari sesuai kemampuan. buat jadwal :

- Kegiatan mandiri

- Kegiatan dengan bantuan sebagian

- Kegiatan yang membutuhkan bantuan total

b. Beri contoh pelaksanaan kegiatan yang dapat dilakukan

c. Minta klien untuk memilih satu kegiatan yang mau dilakukan dirumah sakit

d. Bantu klien melakukannya, kalau perlu beri contoh

e. Beri pujian atas kegiatan dan keberhasilan klien

f. Diskusikan jadwal kegiatan harian atau kegiatan yang telah dilatih

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi…

b. Validasi

Bagaimana persaaan…hari ini ? Apakah…masih ingat dengan kemampuan yang…miliki.

c. Kontrak

Masih ingatkah , apa yang akan kita bicarakan sekarang ? Betul, kita akan bercakap mengenai cara…menilai kemampuan yang digunakan…serta dapat menetapkan / merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang…miliki. Sekarang, kita akan buat jadwal kegiatan… Menurut …dimana kita mau berbincang-bincang ? Bagaimana kalau di..? Mau berapa lama…? bagaimana kalau…menit.
FASE KERJA

- Mengingatkan kemampuan klien yang masih bisa dilakukan di RS sesuai kemampuan klien

- Menanyakan kegiatan lain yang mungkin dilakukan. Mandi, makan, tidur dll.

- Menyusun jadwal bersama klien

- Memberikan pijuan pada klien dalam penyusunan jadwal kegiatan.
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif

Bagaimana perasaan ……….. setelah menyusun jadwal dengan saya ? Sekarang coba……ceritakan kembali, kegiatan apa saja yang dapat…..lakukan disini.

b. Evaluasi Obyektif

- Klien mampu mengungkapkan atau mengulang kembali pembicaran

- Klien mampu mempertahankan kontrak

- Klien mau menjawab pertanyaan

- Klien mampu mengulang dan mampu berkomunikasi dengan lancar

- Klien mau menjalin kontak mata.

2. Rencana Tindak Lanjut

Baiklah, bagaimana kalau…melakukan kegiatan yang sudah dibuat tadi ? Jika ada hambatan dan perlu bantuan, saya siap membantu.

3. Kontrak

Saya kira, sekian dulu perbincangan kita hari ini…coba laksanakan jadwal yang telah dibuat tadi. Besok kita akan berbincang lagi mengenai kegiatan apa saja yang telah…lakukan hari ini.. Menurut…kita bincang-bincang jam berapa ? Mau dimana ? Bagaimana kalau di…? Berapa lama ? Bagaimana kalau 15 menit ? Baiklah sampai nanti…

Pertemuan 5

Tuk 5 : Klien mampu melakukan kegiatan sesuai kondisi sakit dan kemampuannya. Tindakan Keperawatan.

a. Beri kesempatan klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.

b. Beri pujian atas keberhasilannya.

c. Diskusikan kemungkinan pelaksanaan dirumah.

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi..Masih ingat dengan saya ?

b. Validasi

Bagaimana perasaan…hari ini ? Apakah…masih ingat apa yang kita bicarakan kemarin. Bagaimana kegiatan hari ini ? Tetap terlaksana ? Bagus,…Tadi pagi sudah melakukan apa saja ? Sesuai tidak dengan jadwal yang telah kita buat ?

c. Kontrak

Baiklah, sesuai dengan kesepakatan kita kemarin, kita akan bicarakan tentang kegiatan apa saja yang akan kita coba hari ini ? Menurut…dimana kita mau berbincang-bincang ? Bagaimana kalau di…? Mau berapa lama…? bagaimana kalau…menit.
FASE KERJA

- Menanyakan pada klien tentang kegiatan yang mampu dilakukan ?

- Menawarkan pada klien kegiatan lain yang mungkin dilakukan.

- Diskusikan dengan klien tentang kegiatan yang mampu dilakukan.

- Beri reinforcement atas pelaksanaan tindakan.
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif

Bagaimana perasaan…setelah dapat melakukan kegiatan tersebut?

b. Evaluasi Obyektif

- Klien mampu melakukan jadwal kegiatan harian yang telah dibuat.

2. Rencana Tindak Lanjut

Baiklah, untuk selanjutnya…tetap melaksanakan kegiatan yang telah dibuat tadi. Bagaimana kalau setelah pulang nanti, apa saja yang telah kita jadwalkan tersebut, tetap….laksanakan. Kalau ada kesulitan selama di sini, saya siap membantu.

3. Kontrak

Bagaimana kalau besok kita bertemu lagi ? Bagaimana kalau besok kita bahas tentang manfaat sistem pendukung, baik yang ada pada…dan keluarga. Menurut…kita bincang-bincang jam berapa? Mau dimana? Bagaimana kalau di…? Berapa lama? Bagaimana kalau…menit ? Baiklah sampai nanti…



Pertemuan 6

Tuk 6 : Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.

Tindakan Keperawatan

a. Memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah.

b. Membantu keluarga memberikan dukungan selama klien dirawat.

c. Membantu keluarga menyiapkan lingkungan dirumah.

STRATEGI PELAKSANAAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
FASE ORIENTASI

a. Salam Teraupetik

Selamat pagi…Masih ingat dengan saya ?

b. Validasi

Menurut pendapat bapak / ibu setelah dirawat disini beberapa hari, bagaimana kondisi…

c. Kontrak
Apakah bapak/ibu bersedia mendiskusikan masalah…dengan saya. Menurut bapak/ibu kita berbincang-bincang dimana ? Bagaimana kalau disini ? Mau berapa lama ? Bagaimana kalau…menit ?
FASE KERJA

- Menceritakan kondisi klien selama dirawat pada keluarga dan perkembangannya. Jadi begini ya pak / ibu, Harga Diri Rendah adalah suatu keadaan yang digambarkan dengan perasaan negatif terhadap diri sendiri hilang kepercayaan diri dan merasa gagal dalam mencapai keinginan. Adapun penyebabnya adalah pengalaman masa kanak-kanak yang tidak menyenangkan, karena tuntutan pekerjaan, tekanan dari kelompok sebaya, sedangkan tanda dan gejalanya yaitu menarik diri dari lingkungan, merasa diri bersalah, mengurung diri, cemas, sikap negatif terhadap diri sendiri dsb.

- Mendiskusikan dengan keluarga kemungkinan peran serta keluarga merawat d RS maupun dirumah.

- Memotivasi keluarga untuk berperan dalam perawatan klien.

- Memberikan reward atas kemampuan dan kemauan keluarga dalam mendukung perawatan klien.
FASE TERMINASI

1. Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan.

a. Evaluasi Subyektif
Bagaimana perasaan bapak/ibu setelah kita berdiskusi?

b. Evaluasi Obyektif
Coba ibu atau bapak ulangi lagi, penyebab dan tanda gejala gangguan konsep diri harga diri rendah ? Bagus sekali

2. Rencana Tindak Lanjut
Baiklah, berhubung bapak/ibu sudah mengerti tentang perawatan…Mulai sekarang, coba bapak /ibu mengingatkan dan mendukung kegiatan yang dilakukan…Dan bapak/ibu harus selalu mendukung…

3. Kontrak
Nanti kalau sudah pulang jangan lupa kontrol kesehatan. Minum obat teratur, dan mencegah agar tanda-tanda harga diri rendah tidak muncul

Harga Diri Rendah

Pasien


SP I p
1. Mengidenfikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien
2. Membantu pasien menilai kemampuan pasien yang masih dapat digunakan
3. Membantu pasien memilih kegiatan yang akan dilatih sesuai dengan kemampuan pasien
4. Melatih pasien kegiatan yang dipilih sesuai kemampuan
5. Membimbing pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.


SP II p
1. Memvalidasi masalah dan latihan sebelumnya.
2. Melatih kegiatan kedua (atau selanjutnya) yang dipilih sesuai kemampuan
3. Membimbing pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.


Keluarga


SP I k
1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat pasien
2. Menjelaskan pengertian, tanda dan gejala harga diri rendah yang dialami pasien beserta proses terjadinya
3. Menjelaskan cara-cara merawat pasien harga diri rendah


SP II k
1. Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan harga diri rendah
2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada pasien harga diri rendah


SP III k
1. Membantu keluarga membuat jadual aktivitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning)
2. Menjelaskan follow up pasien setelah pulang

No comments:

Post a Comment

Mohon kritik dan saran dari para pembaca untuk kemajuan blog ini. TERIMAKASIH