iklan

loading...

Monday, November 26, 2012

PENGKAJIAN NYERI DENGAN PQRST

PQRST
sebagai perawat profesional sudah semestinya kita melakukan pengkajian secara komprehensip dari semua aspek. contohnya pengkajian pada nyeri agar lebih memudahkan kita kita membuat singkatan yaitu PQRST nah tujuan memang untuk memudahkan tapi terkadang kita tidak tahu apa makna dari PQRST tersebut untuk itu saya ngpek dari tetangga sebelah'' berikut keterangan dan hal yang harus ditanyakan saat kita melakukan pengkajian NYERI sesuai PQRST
P(provokes) : apa yang menimbulkan nyeri ( aktivitas, spontan, stress, setelah makan dll)?
Q(Quality) : apakah tumpul, tajam, tertekan, dalam, permukaan dll? Apakah pernah merasakan nyeri seperti itu sebelumnya?
R (radiation atau Relief) : apakah menyebar ( rahang, punggung, tangan dll)? Apa yang membuat lebih baik ( posisi) ? apa yang mempertambah buruk (inspirasi, pergerakan)?
S(Severity atau tanda dan gejala): jelaskan skala nyeri dan frekuensn. Apakah disertai dengan gejala seperti ( mual, muntah, pusing, diaphoresis, pucat, nafas pendek, sesak, tanda vital yang abnormal dll)?
T(time; mulai dan lama) : kapan mulai nyeri? Apakan konstan atau kadang – kadang? Bagaimana lama ? tiba – tiba atau bertahap? Apakah mulai setelah anda makan? Frekuensi?

No comments:

Post a Comment

Mohon kritik dan saran dari para pembaca untuk kemajuan blog ini. TERIMAKASIH