iklan

loading...

Saturday, November 17, 2012

HOME CARE DIKARAWANG

Depkes RI (2002) mendefinisikan bahwa home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu, keluarga, di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacadan akibat dari penyakit. Layanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien/keluarga yang direncanakan, dikoordinir, oleh pemberi layanan melalui staff yang diatur berdasarkan perjanjian bersama.

HOME CARE adalah pelayanan kesehatan dan perawatan secara terpadu yang diberikan oleh tim kesehatan yang diberikan kepada pasien dirumah. Pelayanan kunjungan rumah ini dapat diberikan kepada siapa saja yang memerlukan pemeriksaan, baik dokter maupun pelayanan keperawatan secara periodik.

Keuntungan :
Pemantauan kondisi kesehatan pasien setelah keluar dari rumah sakit.
Mendidik dan memandirikan keluarga pasien dalam hal pelayanan dan perawatan kesehatan
Keluarga dapat memberikan perhatian dan kasih sayang seutuhnya yang merupakan faktor penunjang dalam proses kesembuhan
Memberi rasa aman kepada pasien karena perkembangan kesehatan dapat dipantau oleh pasien melalui home care
Memberikan rasa tenang dan aman kepada pasien dan keluarga karena berada dilingkungan keluarga sendiri

pelayanan kesehatan dasar
home care Sebenarnya bukan hal baru mengingat layanan perawatan di rumah penderita sudah sejak lama dilakukan dan menjadi salah satu program Depkes, yakni “asuhan keperawatan“. Namun Home Care atau perawatan rumah yang kami tawarkan akan lebih memuaskan mengingat yang memberikan perawatan adalah tenaga profesional..

Home Care dilatarbelakangi, salah satunya, oleh permintaan keluarga penderita yang diharuskan opname, namun tempat di Rawat Inap (Palaran) penuh, sementara untuk ke RSU merasa keberatan dalam hal biaya.
Adakalanya, kami melakukan home care bagi penderita kasus terminal, yakni stroke atau juga kasus biasa seperti perawatan luka.

Home Care 
Merupakan layanan medis di rumah penderita oleh paramedis secara berkala berdasarkan skedul perawatan yang ditetapkan dokter penanggung jawab. Ini berarti, paramedis mengunjungi pasien 2-3 kali sehari, dan semua jenis tindakan, obat-obatan, jenis serta jumlah cairan infus, mengacu kepada skedul perawatan, berdasarkan prosedur tetap yang telah kami susun.

Selain itu, pasien dapat konsultasi kepada dokter penanggung jawab/perawat profesional yang telah kami tunjuk melalui 3 cara, yakni: melalui handphone (setiap saat), kunjungan oleh dokter/perawat ke rumah penderita dan follow up ke praktek dokter penanggung jawab.

Organisasi
Secara kelembagaan, home care melekat dengan Rawat Inap sebagai salah satu bentuk layanan medis. Karenanya, kendati pimpinan berganti, Home care tidak dapat dihentikan, kecuali jika dokter/perawat penanggung jawab tidak ada lagi dan tidak ada yang menggantikan.

Penangggung Jawab
Dokter, bertempat tinggal di kabupaten Karawang. Kualifikasi: memiliki minat, sikap ramah, mau belajar dan tidak berorientasi materi semata.

Tim Pelaksana
Semua paramedis yang sudah mendapatkan rekomendasi dokter penanggung jawab berdasarkan syarat minimal, yakni:minat, sikap dan kemauan untuk belajar serta kemampuan entry rekam medik

Alur Pelayanan Home Care
Tahap pertama, pasien akan di datangi langsung oleh dokter/perawat penanggung jawab ke rumah dan jika memerlukan perawatan tim kami akan menyusun protap dan membuat kesepakatan dengan keluarga. pelayanan yang akan diperoleh oleh pasien adalah perawatan penuh.

Sistem Rujukan
Jika penderita Home Care memerlukan rujukan spesialis, maka panderita diantar oleh paramedis menggunakan ambulance ke praktek dokter spesialis sesuai penyakitnya. Rujukan dimaksudkan untuk mendapatkan advis pengobatan, pemeriksaan penunjang, dan tindakan lain. Selanjutnya kembali ke rumah penderita. Pada kondisi tertentu, perawatan lanjutan dilakukan di RS jika diperlukan perawatan lebih lengkap setelah mendapatkan persetujuan penderita dan atau keluarganya.

Biaya
Sistem pembayaran mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Pola Tarip Rawat Inap, meliputi: Jasa, harga obat, bahan habis pakai, biaya per jenis pelayanan, konsul dan kunjungan dokter, dll.

Apa tidak akan terjadi pungutan di luar ketentuan ?
Tidak !!! Dijamin Tidak !!! Dan selama ini, tidak !!!
Ingat. kan ? Ada dokter penanggung jawab dan paramedis pilihan plus rincian kuitansi. Jumlah yang tertera di kuitansi, itulah biayanya. Tak ada lainnya seperti: ucapan terimakasih atau sejenisnya. Tak ada !!!

Contoh tarip:
Kunjungan dan perawatan paramedis:
Rp 30.000,- per hari untuk 2-3 kali kunjungan (berlaku radius 4-7 km)
Rp 20.000,- Rp25.000,- per hari untuk 2-3 kali kunjungan (0-3 km)
Konsul via tilpon (hp): Rp5.000,- per hari ( 1 kali atau 3 kali, tetap 5 ribu)
Adapun obat, bahan habis pakai serta tindakan medis lainnya dihitung berdasarkan standarisasi dan Perda yang berlaku.

Evaluasi
Layanan Home Care, merupakan salah satu pilihan menjawab harapan sebagian penderita yang karena alasan tertentu minta dirawat di rumahnya. Dalam kurun waktu tiga tahun ini, home care menunjukkan trend peningkatan
Peningkatan jumlah home care bukan prestasi, tak ada kaitan dengan target atau program. Jumlah tersebut lebih dipengaruhi oleh pola penyakit dan daya tampung Rawat Inap.
 demikian pengenalan yang kami sampaikan jika ada yang membutuhkan perawatan dirumah/home cure kami siap memberikan pelayanan yang terbaik. untuk sementara kami hanya melayani pasien di Kab. Karawang.
langsung saja hubungi : 081906696499

No comments:

Post a Comment

Mohon kritik dan saran dari para pembaca untuk kemajuan blog ini. TERIMAKASIH